Kelompok Tenun

Nirang Sikka

MPIG Tenun Ikat Sikka

Sejarah Berdirinya Kelompok Nirang Sikka

Kampung Sikka memiliki jumlah penduduk yang cukup padat, namun banyak masyarakat yang ada di kampung ini memilih untuk menetap di luar daerah ataupun di kota. Kampung Sikka terkenal dengan motif-motif tenun yang beraneka ragam, selain itu terdapat 15 kelompok tenun yang saling bekerja sama memasarkan produk tenun ikat mereka di sebuah tempat di dekat situs sejarah Gereja Tua Sikka. 15 kelompok ini lalu membentuk satu kelompok induk yang diberi nama Nirang Sikka.

Nirang Sikka, nirang berarti melihat dari tempat ketinggian dan Sikka yang berarti kampung Sikka itu sendiri, jadi Nirang Sikka artinya melihat kampung sikka dari ketinggian. Di kampung ini terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi, dan apabila kita melihat kampung Sikka dari atas bukit tersebut sangat indah karena berbentuk setengah lingkaran.

Keindahan yang terlihat dari kampung ini ternyata tidak hanya dari keindahan alam yang dimilikinya, tetapi juga terdapat keindahan-keindahan tersembunyi seperti produk-produk tenun ikat yang sangat kaya akan motif yang merupakan hasil karya gadis-gadis dan ibu-ibu dari kampung ini. Karya-karya yang mereka hasilkan juga menggambarkan hasil kerja orang yang memiliki intelektual dalam seni dan keindahan. Dari filosofi inilah, mereka memilih nama Nirang Sikka sebagai nama kelompok induk di Kampung Sikka.

Hak Cipta : Nirang Sikka, Melihat Kampung Sikka Dari Ketinggia
CBD-ART

Struktur Organisasi

Ketua
Serefika Asunta
Sekretaris
Putri Winansi
Bendahara
Petronella Rince


Informasi Kontak

Nama Kelompok
Kelompok Tenun Nirang Sikka
Alamat
Dusun Sikka - Desa Sikka - Kec. Lela - Kab.Sikka
Telp
085237841237

Sponsor

Indonesian Swiss Intelectual Property (ISIP)
Swiss Contact

┬ęCopyright www.tenunikatsikka.co.id